Kamis, 17 Februari 2011

Mahasiswa VS Waktu

Kamis, 17 Februari 2011
Malam ini(pagi si tepatnya) saya ingin men Share kan tentang tata kehidupan mahasiswa dengan keterkaitannya dengan menejemen waktu. tak dapat di pungkiri kalau mahasiswa selalu dekat dengan deadline dan kejar-kejaran dengan waktu. Kenapa yaa mahasiswa sangat di tuntut untuk mengatur "pengeluaran" waktu mereka ??Kemudian apa aja yaa yg biasa di lakukan mahasiswa dengan waktu mereka ?? yaa disini itu yang akan kita bahas temen-temen.
Kita mulai dari membagi waktu kita dari 24 jam sehari :
1. Kuliah (7 jam)
2. Refresing dan Melakukan Hobi (3 jam)
3. Mencari pengalaman (2 jam)
4. Membuat Tugas (2 jam)
5. Makan, Mandi dan Ibadah (1,5 jam)
6. Perjalanan (1 jam)
7. Istirahat dan Tidur (7,5 jam)

Yaaah... itulah yang biasa di lakukan oleh mahasiswa sehari-harinya. Namun, perlu di catat ini adalah pembagian waktu apabila kuliah berjalan seperti biasanya. Maksudnya tidak biasa adalah, misalnya pada saat minggu-minggu UTS atau UAS dan minggu pengumpulan tugas. Wah... itu bisa merusak jadwal di atas, bisa jadi waktu refresing berkurang ato waktu tidur dan mencari pengalaman berkurang..
Ok, kita Bahas satu-satu lagi...
Pertama, Kuliah (7 jam). Yaah inilah kegiatan utama mahasiswa belajar dengan mendengarkan dosen ato ngapanlah di kampus ( aku malah sering ga dengrin dosen ato malah maen hape di belakang bahkan tidur) disini adalah tempat kita berkomunikasi dengan ibu/bapak dosen dan berdiskusi dengan teman-teman kelas serta pemberian materi-materi kuliah..kalo di kampusku sih biasa nya mulai jam 08.00-16.00 itu udah jadwal rutin di kampus (kalo ga ketiduran yaa) hahaaa...Ga full c pasti ada waktu istirahat dan waktu tenggang antara jadwal kuliah yang satu dan yang lainnya, biasanya sih di selipin kegiatan-kegiatan lain, kayak diskusi di kantin kampus, makan, ato ngobrol cekakan bareng dtemen di parkiran. biar ga puyeng pas masuk kelas lg....
Kedua, Refreshing dan Melakukan Hobi (3 jam). Yaap inilah salah satu kebutuhan mahasiswa agar tidak steress..banyak kegiatan untuk melakukan refreshing kalo temen-temen kampus sihh biasanya online facebook ato twitter ato sejenisnya lah surfing-surfing internet, maen PS ato game online(Ini biasanya lebih dari 3 jam, yaa ga c?), ada yang nongkrong di warung ato jalan-jalan ke mall(ini biasanya jadwal untuk hari libur ato pas kuliah ga ada dosen, hehehee...). Untuk melakukan Hobi yaaa, tergantung hobimu. Ada temen-temen yang biasanya olahraga kayak futsal ato basket ato menulis blog ato menggambar, baca buku/novel/majalah, ngotak-ngatik komputer, ngedit-ngedit gambar, dll. Hal ini di lakukan untuk merefresh otak mahasiswa agar tidak kepenuhan. Kalo aku sih biasanya di abisin buat online, maen basket ama maen biliard kadang juga nongkrong di warung ketawa ketiwi, ngomongin cewe :p (yang terakhir jangan di tiru :p)
Ketiga, Mencari Pengalaman (2 jam), Pengalaman di cari bukan hanya saat di kampus doang...ada banyak organisasi ekstra dan intra kampus yang mengakomodasi minat dan bakat temen-temen mahasiwa untuk menyalurkan minat dan bakat serta mengasah soft skill mahasiswa. Hal ini menjadi penting mengingat pelajaran ini tidak di ajarkan di perkuliahan. kalo aku sih biasa nya kegiatan ini di isi dengan diskusi dengan temen-temen himpunan mahasiswa, rapat-rapat tentang programkerja himpunan ato membahas hal-hal yang bisa mengasah pengalaman temen-temen. Biasanya si di setiap jurusan ada organisasinya yang menaungi mahasiswa jurusan tersebut ato organisasi setingkat fakultas dan unversitas. Dimana saja kita bernaung , mantapkan hati-teman-teman untuk mendapatkan pengalaman berharga yang mahal harganya.
Keempat, Membuat Tugas (2 jam), yaah inilah yang paling jarang saya lakukan, heheee. Mahasiswa biasanya paling males ngerjain tugas apalagi kalau masih satu minggu lagi di kumpulinnya, yaa ga ? nah di situ pentingnya mengalokasikan waktu untuk mencicil tugas yang di berikan dosen, malah temen saya ada yang tugasnya dikasih sekarang kemudian di kumpulin besok, kalo uda begitu berantakan semua jadwal, dari mulai jadwal tidur, makan/mandi, refreshing, dll. Ya sama aja kalo menunda mengerjakan tugas yang satu minggu, Waktu yang panajng seharusnya bisa di manfaatkan temen-temen utntuk mencicil tugas itu. Jadi jangan biasakan diri temen-temen mengerjakan tugas dengan waktu yang singkat, karena hasilnya tidak akan maksimal.(ngga banget nii yang ngomong..hehhehee)
Kelima, Makan, Mandi, Ibadah. Ini sih kebutuhan  sehari-hari manusia, namun hal ini sedikit banyak penting. Makan adalah memberi makan isi perut ini agar bisa kembali beraktifitas,klo ga makan jadi laper, lemes, ga semangat, jadi ga bisa melakukan hobi, gabisa kuliah, ga bisa ngerjain tugas. Kemudian mandi , nah ini juga kadang kebablasan, hal ini penting karena secara ga langsung keadaan tubuh kita memberi spirit lebih kepada kita, jadi kalo tubuh bersih dan wangi jadi lebih semangat untuk beraktifitas. Ibadah pun penting untuk mendekatkan diri kepada yang di atas untuk memperlancar kegiatan kita :).
Keenam, Perjalanan (1 jam). Secara ga sadar sih waktu perjalanan ya rata-rata segitu, ini aq ambil dari temen-temen yang ngekos lho yaaa. Bahkan bisa lebih kalo temen-temen yang berangkat dari rumah sendiri. Biasa nya sih perjalanan yang di lakukan itu ya perjalanan dari tempat tinggal ke kampus, cari makan, ato kemana ajalah itu juga belum di itung macetnya. heheee...
Ketujuh, Istirahat dan Tidur (7,5 jam). Nah ini yang biasanya di salah gunakan oleh mahasiswa, yaitu mengurangi waktu tidur untuk sekedar refreshing ato menjalankan hobinya, ada yang seneng maen malem, dugem, nongkrong, ato online sape pagi ato maen game sekalipun. Hal ini sangat riskan mengganggu jadwal yang lain, selain merusak kesehatan juga biasanya kalo ngga tidur akan menghalangi kegiatan temen-temen di keesokan harinya. Jadi sebaiknya tubuh jangan di forsir untuk melakukan kegiatan, tubuh juga butuh istirahat. Kenapa saya mengalokasikan 7,5 jam? biasa nya sii aku tidur dari jam 12 sampe jam 5 pagi trus yang 1,5 jamnya di buat tidur siang, nonton tv ato sekedar dengerin musik...sebagai alat refreshing juga sih.

Yaaah begitulah kegiatan mahasiswa sehari-hari, beda lagi kalo libur udah melanda, bisa aja seharian di abisin untuk maen, jalan-jalan, ngobrol ketawa-ketiwi, ngerjain laporan ato bahkan stay in the kost TIDUR ato juga ngurusin organisasi yang biasanya setiap weekend ada aja acara.
Tulisan ini hanya sebuah gambaran untuk temen-temen menyambut atau memperbaiki diri untuk menjadi mahasiswa yang sebenarnya, maka dari itu saya sangat apresiasi dengan di adakannya ospek di masing-masing univesitas. Karena disitulah pembelajaran awal untuk menjadi mahasiswa, strata tertinggi dari siswa. Semoga aja tulisan ini bermanfaat buat temen-temen. :)


0 Suara:

Posting Komentar

 
WRITE YOUR "OWN" ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates